Adhi Karya Bangun TC Timnas di IKN, FIFA Beri Bantuan Rp85,6 Miliar

Presiden Jokowi dan Ketua PSSI saat Groundbreaking TC Timnas di IKN. (dok setkab)

Presiden FIFA Gianni Infantino mengucapkan selamat kepada Indonesia seusai Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking pembangunan Training Center (TC) Timnas sepak bola di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (22/09/2023). FIFA memberi bantuan dana Rp85,6 miliar untuk pembangunan TC Timnas ini. 

Orang nomor satu di FIFA itu juga menegaskan kalau pembangunan pemusatan latihan tim nasional akan memberikan dampak untuk kemajuan sepakbola di Indonesia dan di Asia Tenggara. “Apa yang Anda lakukan sangat fantastis, tempat pemusatan latihan itu akan memberikan dampak yang besar bagi sepakbola Indonesia dan Asia Tenggara,” tuturnya.

FIFA telah memberikan bantuan senilai Rp85,6 miliar untuk pembangunan TC fase pertama, yakni untuk dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain, pelatih, juga ruang ganti. Infantino berencana mengunjungi TC tersebut bersamaan dengan kunjungannya ke Indonesia dalam rangka gelaran FIFA World Cup U-17 November mendatang.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia sebenarnya telah memiliki banyak stadion bertaraf internasional di berbagai kota di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga di Papua. Namun belum memiliki memiliki tempat latihan yang terpusat dan terintegrasi.

Pusat pelatihan yang dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare ini nantinya akan dilengkapi dengan delapan lapangan dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang terintegrasi dengan pembangunan IKN. Karena itu, Presiden meyakini fasilitas ini akan berperan penting dalam kemajuan persepakbolaan nasional.

“Saya yakin sepak bola Indonesia dengan adanya National Training Center ini, jika didukung manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, serta kecintaan besar masyarakat Indonesia terhadap sepak bola, saya yakin, saya optimis akan mampu membawa dan menyaksikan Garuda kita, timnas kita, tidak hanya juara di Asia Tenggara tetapi akan segera mendunia,” ucapnya.

PT Adhi Karya (ADHI) menyiapkan lahan lokasi Training Center di area Pekerjaan Land Development atau Pengembangan Lahan Sub-WP 1B di Ibu Kota Nusantara (IKN). TC tersebut direncanakan memiliki luasan sebesar 2,8 hektar yang berada di dalam area Sub-WP 1B. Saat ini, ADHI tengah mengerjakan Land Development di area Zona 1B yang memiliki total lahan lebih dari 1000 hektar.

ADHI telah ditetapkan sebagai pelaksana proyek pekerjaan pengembangan lahan untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Sub Wilayah Pengembangan 1B di Ibukota Baru, IKN Nusantara sejak awal tahun 2023. Dengan nilai kontrak sebesar Rp630 miliar, ADHI mengerjakan persiapan lahan dan prasarana IKN di atas lahan seluas 1.143 hektar. Proyek ini direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2023.

“Pekerjaan pengembangan lahan ini menjadi penting, mengingat lahan yang digunakan IKN merupakan pengembangan area baru. Untuk itu, ADHI hadir untuk mempersiapkan lahan yang ada menjadi lahan yang siap untuk dikembangkan. Pekerjaan ADHI meliputi mempersiapkan lahan berupa pembersihan dan pemilihan pepohonan, pekerjaan galian dan timbunan, perkuatan dan perkerasan struktur tanah, pembuatan badan jalan dan kerangka kavling, hingga pekerjaan drainase di jalan, kavling dan lereng dalam kawasan,” kata Farid Budiyanto Corporate Secretary ADHI.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *