Digitalisasi Bantu UMKM Pariwisata Perluas Jangkauan Pasar

Dalam ekosistem pariwisata, UMKM adalah salah satu komponen yang memegang peran penting dalam pergerakan sektor ini. Kebutuhan pendukung dalam kegiatan wisata seperti penginapan, rumah makan dan cinderamata disediakan oleh para pelaku UMKM lokal.

Kini dengan perkembangan digitalisasi, para pemilik usaha ini bisa memperluas potensi bisnisnya, sehingga tidak terbatas hanya dalam daerahnya saja. Akses untuk meningkatkan ketrampilan digitalisai mereka ini diakomodir oleh Meta, lewat program pelatihan bisnisya yang bertajuk #BertemudiMeta.

Pelatihan digitalisasi UMKM ini berhasil mendapatkan respon positif. Sebanyak 100 UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Medan dan Semarang mengikuti pelatihan yang diselenggarakan bersama Evermos.

Evermos sendiri adalah platform connected commerce yang memberdayakan brand lokal & underserved communities dengan menyediakan jaringan distribusi & layanan commerce yang berfokus pada produk-produk terkurasi sesuai dengan prinsip syariah.

Beberapa materi pemasaran digital yang didapatkan para UMKM meliputi optimalisasi channel digital untuk UMKM seperti memaksimalkan platform Meta dalam mengembangkan bisnis dan pembuatan landing page yang mudah dan sederhana untuk UMKM.

Selain mengikuti kelas pelatihan, para UMKM juga mendapatkan Buku Panduan #BertemudiMeta yang berisikan cara-cara dalam mengoptimalisasi penggunaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka di platform Meta.

Di akhir sesi, para UMKM antusias untuk mendaftarkan diri mereka bergabung dengan Evermos. “Kami yakin UMKM di Indonesia, khususnya yang bergerak di sektor pariwisata, memiliki potensi yang besar untuk go digital,” ujar Azlan Indra, Vice President of Business Strategy & Operations Evermos.

Lebih lanjut Azlan juga berharap melalui sesi pelatihan ini, para UMKM menjadi semakin yakin dan percaya diri untuk mengembangkan bisnis mereka di platform digital. “Dengan program pelatihan bisnis #BertemudiMeta, kami harap masyarakat Indonesia dapat terhubung dengan orang dan bisnis di seluruh platform Meta untuk meningkatkan pengalaman perjalanan mereka dari awal hingga akhir”, ungkap Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *