Epson Indonesia Tingkatkan Inovasi Produk Bersertifikat TKDN

Ajang Epson Innovation Day di Hotel Artotel Mangkuluhur, Jakarta

Sebagai merek global yang beroperasi di Indonesia, Epson Indonesia memperkenalkan jajaran produk unggulan yang telah memiliki sertifikat TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) sebagai bentuk dukungan terhadap industri lokal dan memberdayakan masyarakat serta komunitas lokal. Melalui ajang Epson Innovation Day, perusahaan berkomitmen untuk menghadirkan produk berkualitas yang secara resmi telah tersertifikasi TKDN, meliputi scanner, printer dan tinta.

Pemerintah Indonesia telah menginisiasi TKDN yang ditegaskan oleh Presiden Jokowi melalui peraturan terbarunya No. 12 tahun 2021 bahwa TKDN menjadi upaya standarisasi yang bertujuan untuk memperkuat struktur industri dalam negeri. Dengan demikian, ketergantungan terhadap produk impor dapat terus berkurang secara bertahap. Kemenperin menetapkan nilai TKDN rata-rata mencapai sebesar 46,3% pada tahun 2020 dan diharapkan dapat meningkat menjadi 50% pada tahun 2024.

Direktur Epson Indonesia M. Husni Nurdin menjelaskan, “Untuk memenuhi standar nilai TKDN, Epson Indonesia telah menciptakan produk dengan persentase komponen dalam negeri yang tinggi, termasuk bahan material yang berasal dari Indonesia, tenaga kerja lokal, hingga research & development yang dilakukan di dalam negeri.”

Acara Epson Innovation Day merupakan bentuk dukungan Epson terhadap kebijakan TKDN. “Kami berupaya aktif untuk memproduksi produk-produk berkualitas tinggi yang tidak hanya memenuhi standar internasional, tetapi juga memberikan kontribusi maksimal terhadap ekonomi nasional,” tambah Nurdin.

Dengan memperkenalkan produk-produk inovatif tersebut, pihaknya berharap dapat memberikan inspirasi kepada inovator dan perusahaan lokal. Sehingga acara Innovation Day dapat menjadi dorongan untuk menggali potensi kreatif dan berani inovasi dalam mengembangkan produk dan layanan.

“Acara ini menjadi kesempatan untuk membangun sinergi dan kolaborasi yang lebih erat dengan berbagai pihak terkait. Kami percaya bahwa kerjasama adalah kunci keberhasilan dan dapat membentuk kemitraan yang saling menguntungkan,” papar Ng Ngee Khiang, Managing Director Epson Indonesia.

Komitmen Epson Indonesia untuk memaksimalkan kandungan lokal dalam produksinya telah menghasilkan lebih dari 20 produk bersertifikasi TKDN dari printer, scanner hingga tangki tinta Epson.

Pencapaian sertifikasi ini merupakan hasil dari kehadiran Epson di Indonesia selama lebih dari dua dekade, termasuk pendirian dua pabrik: PT Indonesia Epson Industry di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang memiliki lebih dari 10.000 karyawan dan PT Epson Batam di Kota Batam, Kepulauan Riau yang juga memiliki lebih dari 4.000 karyawan. Masing-masing pabrik ini telah berkontribusi dalam memproduksi produk-produk Epson yang bersertifikasi TKDN, sehingga turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *