Soal Renovasi JIS, Erick Thohir akan Rapat Lintas Kementerian dengan Menpora dan Menteri PUPR Rabu Ini

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan adanya rapat koordinasi lintas kementerian dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Rabu, 9 Agustus 2023 dalam rangka membahas persiapan renovasi Jakarta International Stadium (JIS) sebagai salah satu arena yang diajukan untuk Piala Dunia U-17 2023.

“Pak Basuki mengundang saya, Pak Menpora, Gubernur DKI Jakarta untuk rapat lagi mempersiapkan kunjungan FIFA tanggal 26 Agustus,” ujar dia saat ditemui di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 7 Agustus 2023.

FIFA sebelumnya telah berkunjung ke Indonesia untuk mengecek kesiapan empat stadion yang diproyeksikan sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Adapun keempat stadion itu adalah JIS, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Gelora 10 November Surabaya, dan Stadion Manahan Solo.

Dalam kunjungan pertamanya, FIFA memberikan berbagai catatan perbaikan, terutama untuk JIS. Erick mengatakan federasi sepak bola dunia itu meminta agar rumput stadion yang terletak di Jakarta Utara tersebut diperbaiki. Selain itu, akses ke arenanya juga perlu ditambah.

“Tadi Pak Basuki cerita ke saya Jakpro DKI akan merenovasi bagian dalam JIS karena memang ini kan aset yang dimiliki DKI walaupun pemerintah pusat membantu aset itu karena pembangunannya pakai dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional), tetapi pemerintah pusat akan membantu yang di luar,” tuturnya kepada awak media.

Iklan

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyebut FIFA akan mengirim tim dari Australia dan Eropa untuk kembali ke Indonesia pada 26 Agustus 2023. 

Pada kunjungannya nanti, FIFA akan memastikan semua kesepakatan telah diselesaikan, dari kesiapan stadion sampai administrasi. Itu merupakan beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam kedatangannya nanti.

Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023. PSSI telah mengajukan empat stadion sebagai tempat penyelenggaraannya dengan timnas U-17 Indonesia diharapkan bisa bermain di Jakarta.

Pilihan Editor: Persiapan Piala Dunia U-17 2023: Pengelola JIS Studi Banding di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *